Sumbar Dipastikan Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional Tahun 2020

Sumbar Dipastikan Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional Tahun 2020

NasionalAceh.com, Padang  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 akan diadakan tahun depan. Sumatera Barat (Sumbar) dipastikan menjadi tuan rumah penyelenggara ajang bergengsi tersebut.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat rapat persiapan MTQ tersebut di Auditorium Gubernur bahwa anggaran ataupun persiapan harus dimatangkan dari sekarang, Senin (29/04/19).

Nasrul juga meminta agar beban anggaran untuk MTQ dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2019, karena 2020 Sumbar akan memiliki banyak agenda nantinya.

"2020 kita banyak agenda yang akan digelar, mulai dari Harganas, Penas Tani hingga Pilkada, ini akan banyak memakan anggaran. Kami khawatir, banyaknya agenda ini anggaran akan terbebani," ungkapnya seperti yang dilansir gatra.com bulan April lalu.

Perhelatan MTQ Nasional, kata Nasrul, direncanakan akan digelar di Stadium Utama Sumatera Barat, Lubuk Alung. Stadium tersebut direncanakan rampung akhir 2019. Kemudian, untuk acara penutupan akan dilaksanakan di Masjid Raya Sumbar.

"Rencananya untuk pembukaan kami akan mencoba menghidupkan kembali suasana Sumpah Sati Bukik Marapalam, yang merupakan cikal-bakal lahirnya falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah," jelas Nasrul.

Tidak hanya itu, terkait anggaran, Nasrul akan mendiskusikan dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) serta instansi terkait. "Perlu kita diskusikan terkait anggaran, apakah itu bisa dan tidak menyalahi aturan, ini jalan yang paling baik," ucapnya.

Selain itu, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin menyebutkan, anggaran untuk MTQ akan dibagi dua, pemerintah pusat dan daerah.

"Pusat akan memfasilitasi dewan hakim, panitera, akomodasi tiket serta penginapan. Lalu, uang hadiah untuk juara III. Selebihnya difasilitasi daerah," ujarnya.

Sumber: gatra

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel