Mengatasi Nikah Siri yang Marak Terjadi, Pemerintah Aceh Akan Legalkan Poligami

Mengatasi Nikah Siri yang Marak Terjadi, Pemerintah Aceh Akan Legalkan Poligami

NASIONALACEH.com, Banda Aceh – Pemerintah Aceh akan legalkan suami memiliki istri lebih dari satu, atau dengan istilah lain Poligami.

Perihal aturan yang akan diterapkan oleh Pemerintah Aceh tersebut diatur dalam Rancangan Qanun Hukum Keluarga yang saat ini sedang digarap oleh Komisi VII DPR Aceh (DPRA).

Peraturan tersebut rencananya akan disahkan menjelang berakhirnya masa jabatan anggota DPRA periode 2014-2019 nanti.

Untuk saat ini, pihak Komisi DPRA sedang melakukan proses konsultasi terkait draf rancangan tentang Qanun tersebut ke Kemenag Jakarta, juga ke Kemen PPPA atau Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Seperti yang diberitakan oleh Serambi, pada Jum'at siang (5/7/2019), Ketua Komisis VII, Musanif mengatakan "Draf Qanunnya sedang kita konsultasikan dan saat ini saya juga sedang berada di Jakarta untuk keperluan itu".

Adapun tujuan diberlakukannya peraturan yang akan melegalkan poligami di Aceh adalah upaya untuk mengatasi nikah siri yang marak terjadi.

"Selama ini, diatur atau tidak, poligami sangat marak terjadi di Aceh, namun dilakukan melalui nikah siri sehingga mengakibatkan kaum perempuan mendapat ketidakadilan dan tidak terlindungi", tambahnya.


Sumber: Serambi Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel