Sutradara Film Eumpang Breuh Ayah Doe Meninggal Dunia, Begini Sosoknya di Mata Bang Joni

Sutradara Film Eumpang Breuh Ayah Doe Meninggal Dunia, Begini Sosoknya di Mata Bang Joni

NASIONALACEH.com, Lhokseumawe – Keluarga besar film komedi Aceh Eumpang Breuh kembali berduka.

Sutradara film Eumpang Breuh, Imran Nyak Abeudo Alias Ayah Doe pada Sabtu (3/8/2019) sekira pukul 08.50 WIB, meninggal di RSU Zainoel Abidin Banda Aceh.

Dilansir dari Serambinews.com, kondisi Ayah Doe tadi malam masih baik, bisa ngomong dan menggerakkan tangannya meskipun tidak bisa mengobrol dengan lancar.

 “Semalam saya sempat mengunjungi Ayah Doe di RSUZA, karena kebetulan saya juga sedang di Banda Aceh. Semalam kondisinya sekitar pukul 21.00 WIB, masih baik, masih bisa ngomong dan menggerakkan tangannya, meskipun tidak mengobrol lancar,” ujar Abdul Hadi alias Joni.

Joni dan Ayah Doe sudah saling kenal sebelum lahirnya film komedi Aceh Eumpang Breuh.

Lalu tahun 2000, almarhum mengajak dirinya untuk membuat film komedi Aceh yang berbeda dengan film-film komedi Aceh lainnya.

“Memang ide awal dari almarhum untuk membentuk film tersebut,” ujar Joni.

Tapi ide untuk proses dan adegan film tersebut banyak disumbangkan Joni Kapluk.

Lalu mereka bersdiskusi dan ternyata memiliki pandangan yang sama. Sehingga keduanya bersama aktor lainnya sepakat untuk membentuk film tersebut.

“Meskipun ide awal dari kami berdua, tapi Eumpang Breuh bisa besar dan diterima masyarakat luas karena tim, bukan karena satu atau dua orang dalam film tersebut. Semua saling memberikan kontribusi dalam eumpang breuh,” ungkap Joni.

Di Mata Bang Joni, Ayah doe adalah sosok yang sabar dan teliti dalam dan mudah memberi atau mengajari teman-teman dalam film eumpang supaya sempurna.

“Banyak sekali ilmu yang diberikan Ayah Doe, dan banyak hal kenangan kami berdua," kata Bang Joni.

"Salah satu yang tidak saya temukan dari almarhum, sangat teliti dan selalu memiliki ide kreatif untuk menghasilkan adegan yang menarik,”  tambahnya.

Tidak hanya dalam pembuatan film tapi kehidupan sehari-hari ayah Doe juga menjadi teman yang baik. Semoga almarhum mendapat yang layak di sisi Allah SWT.

Beberapa waktu lalu, salah satu aktor Eumpang Breuh, Sulaiman atau yang populer dengan nama Mando Gapi Eumpang Breuh meninggal di RSU Cut Meutia Lhokseumawe, Aceh, Kamis (17/1/2019) pukul 01.30 WIB.

Seperti diberitakan, sutradara film komedi Aceh, Eumpang Breuh, Imran Nyak Abeudo alias Ayah Doe dikabarkan meninggal dunia. 

Ayah Doe mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA), Banda Aceh sekitar pukul 08.50 WIB. 

"Iya benar, beliau meninggal barusan pukul 08.50 WIB," kata salah satu artis Eumpang Breuh, kata Muhammad Daud yang sedang berada di rumah sakit, kepada Serambinews.com, Sabtu (3/8/2019).

Menurut Daud, Ayah Doe mengalami komplikasi penyakit sejak dua tahun terakhir seperti diabetes, ginjal, jantung, dan paru (sesak).

Bahkan Ayah Doe, pernah berobat ke Penang, Malaysia pada 2017 lalu.

"Saat itu kondisinya mulai membaik. Tapi kemarin (Kamis), tiba-tiba beliau drop sehingga harus dibawa ke rumah sakit,” katanya. 

Sebelum di rujuk ke RSUZA pada Jumat (2/8/2019), Ayah Doe sempat satu hari dirawat di Rumah Sakit Metro Medical Centre (MMC) Lhokseumawe pada Kamis (1/8/2019). 

Tokoh di Balik Suksesnya Eumpang Breuh

Imran Nyak Abeudo alias Ayah Doe adalah salah satu figur di balik nama besar Eumpang Breuh.

Dibantu oleh produser Din Kramik (H Khairuddin), Ayah Doe memaikan peran penting dalam mendongkrak popularitas Bang Joni (Abdul Hadi), Haji Uma (H Sudirman), Mando (Sulaiman), Yusniar (Nurrasyidah), Nurleila (Kak Bungsu), dan sederet artis Eumpang Brueh lainnya.

Ia juga dianggap sebagai sosok yang mengangkat harkat dan martabat film komedi Aceh, dari yang dulunya dipandang sebelah mata, sehingga mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Buktinya, sejumlah bintang utama Eumpang Breuh melejit menjadi idola dan publik figur.
Selamat jalan Ayah Doe, karya-karyamu akan selalu dikenang oleh masyarakat Aceh.

Sumber: Serambinews

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel