Ingin Pecahkan Rekor MURI, 1000 Penari Dampeng Meriahkan Pemuda Expo 2019 di Subulussalam

Ingin Pecahkan Rekor MURI, 1000 Penari Dampeng Meriahkan Pemuda Expo 2019 di Subulussalam

NASIONALACEH.com | SUBULUSSALAM  Seribuan wanita dan laki-laki muda menunjukkan kebolehannya dalam aksi tari dampeng massal yang diselenggarakan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Subulussalam, Minggu (27/10/2019) di Lapangan Sada Kata Subulussalam.

Tari dampeng massal ini digelar dalam rangka menyemarakkan Pemuda Expo dan memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2019.

Ketua KNPI Kota Subulussalam, Edy Saputra Bako kepada Serambinews.com mengatakan penampilan 1.000 penari dampeng menjadi salah satu wujud kecintaan para pemuda di daerah tersebut tehadap budaya Singkil.

Edy mengatakan pelatihan menari telah mereka mulai sejak pertengahan September lalu.

Edy menjelaskan tujuan mereka menggelar aksi tari dampeng melibatkan 1.000 pemuda bertujuan agar masyarakat, khususnya generasi muda tidak melupakan sejarah.

Dikatakan, meski terus digempur kemajuan jaman, fakta sejarah harus terus ada dan lestari. Dalam hal adat dan budaya Singkil ini, KNPI Subulussalam di bawah kepemimpinan Edy akan terus menggaungkannya.

Sebab, lanjut Edy, budaya menjadi salah satu identitas sebuah etnis.

“Makanya budaya dan sejarah harus lestari, jangan sampai stagnan apalagi harus hilang. Budaya harus terus maju meski menghadapi kemajuan jaman,” ujar Edy

Lantaran itu, Edy yang juga Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Kota Subulussalam agar ke depannya semua pihak mulai dari pemerintah setempat hingga masyarakat adat, maupun komunitas-komunitas pemerhati budaya, agar memberi dukungan penuh terhadap semua upaya pelestarian budaya.

Sejauh ini, Edy mengatakan kegiatan pelatihan menari para pemuda digelar secara swadaya. Namun semangat pemuda yang bergelora membuatnya optimis akan sukses menyelenggarakan event budaya terbesar di Kota Sada itu.

Edy juga menambahkan kegiatan ini selain dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, juga sekaligus pemuda expo.

Selain tari dampeng, lanjut Edy, KNP Subulussalam juga menggelar dialog publik kepemudaan, panggung seni kreasi anak muda, stand pameran, perlombaan teater, puisi, karya tulis ilmiah, film pendek dan lain-lain.

”Namun yang paling menarik adalah kegiatan tari dampeng massal 1.000 peserta, jika terwujud ini bakal bisa masuk rekor MURI,” tegas Edy.(*)


Sumber: Serambinews

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel