Demo Tolak Kedatangan Jokowi di Ambon, Mahasiswa Dibubarkan Paksa

Demo Tolak Kedatangan Jokowi di Ambon, Mahasiswa Dibubarkan Paksa

NASIONALACEH.com | AMBON – Aksi unjuk rasa menolak kedatangan Presiden Joko Widodo di Kota Ambon, Maluku, dilakukan oleh belasan mahasiswa Universitas Pattimura Ambon, Senin (28/10/2019).

Namun, aksi tersebut dibubarkan secara paksa oleh aparat keamanan.

Demo mahasiswa ini dibubarkan secara paksa di depan Tugu Pahlawan Nasional dr Leimena, di kawasan Poka, Kecamatan Teluk Ambon.

Pembubaran aksi mahasiswa itu lantaran pendemo menggelar aksinya tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

“Kami menolak Presiden Republik Indonesia datang di Provinsi Maluku, karena tidak ada keuntungannya,” teriak koordinator aksi, Hijrah, yang saat itu tengah dikerumuni sejumlah aparat TNI berpakaian sipil.

Sebelum dibubarkan, para pendemo sempat terlibat adu mulut dengan aparat.

Seperti yang dikutip dari kompas.com bahwa para mahasiswa ini mendesak Presiden dan DPR RI untuk segera mengesahkan Undang-Undang Kepulauan untuk Maluku.

Selanjutnya, mendesak Presiden untuk segera memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat agar segera merealisasikan anggaran untuk korban gempa bumi yang rumah-rumahnya rusak akibat bencana tersebut.

Dalam pernyataan sikapnya itu, para mahasiswa menilai, kedatangan Presiden Joko Widodo di Maluku bukan untuk kepentingan masyarakat, melainkan untuk kepentingan Blok Masela.

Mahasiswa juga menolak keras pembagian keuntungan dari pengelolaan Blok Masela dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Sumber: Kompas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel