Tips Agar Lulus CPNS Tahun 2019

Tips Agar Lulus CPNS Tahun 2019

NASIONALACEH.com – Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi merilis informasi soal persiapan pembukaan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Penerimaan CPNS 2019 membuka 37.854 formasi di 74 kementerian atau lembaga.

Sedangkan jumlah lowongan di 467 pemerintah daerah (pemda) tahun ini dibuka 159.257 formasi. Dari segi kategori, tahun ini ada dua jenis formasi yang dibuka dalam rekrutmen CPNS 2019, yakni umum dan khusus.

Formasi khusus ini diperuntukkan bagi peserta kategori cumlaude, diaspora, disabilitas dan putra-putri Papua. Formasi lainnya yang bersifat strategis di pusat juga termasuk dalam kategori formasi khusus.

Jelang pendaftaran CPNS Oktober 2019 ini, Psikolog Viva Darma Putri, M.Psi memberikan beberapa tips untuk peserta yang akan mengikuti tes CPNS 2019.

1. Latihan mengerjakan soal

Menurutnya bagi peserta tes CPNS harus sering melakukan latihan mengerjakan soal-soal sebagai bagian dari menyiapkan diri secara psikologis dan kognitif.

"Berlatih mengerjakan soal-soal latihan itu sebenarnya melatih kita mempersiapkan diri baik secara kognitif maupun psikologis," ujarnya di Pontianak, Jumat (11/10/2019), seperti dikutip Antara News.

Tentang peserta harus menjawab benar dan cepat kuncinya ada di latihan. Bahkan atlet pun untuk mencapai juara harus berlatih terus menerus hingga batas maksimal.

"Siswa SMA saat mengerjakan UAN pun latihan soal berbulan-bulan untuk menghadapi ujian nasional, begitu pula dengan peserta CPNS yang seharusnya berlatih soal dan berlatih manajemen waktu untuk mengerjakan soal tes CPNS tersebut," jelas dia.

2. Riset tentang soal tes dan apa saja yang perlu dipersiapkan

Menurut Viva, setiap orang yang ikut tes CPNS harusnya sudah melakukan riset terlebih dahulu tentang apa yang harus dipersiapkan dan apa yang akan dilakukan terutama tentang soal-soal tes.

"Untuk tes sendiri banyak sekali contoh-contoh soal yang ada di aplikasi handphone yang sebenarnya bisa memudahkan kita untuk belajar," kata dia.

3. Belajar manajemen waktu

Adanya jeda waktu antara pendaftaran dan tes menurut Viva harus digunakan untuk belajar dan manajemen waktu. Misal hari pertama lihat-lihat terlebih dahulu contoh soal nya lalu pelajari.

"Hari berikutnya mulai mencoba mengerjakan soal-soal dan dihitung waktu pengerjaan per sesi, sehingga kita jadi mendapatkan gambaran kalkulasi waktu untuk pengerjaan per soal per sesi," jelasnya.

4. Saat tes, kerjakan soal yang mudah dahulu

Trik untuk menghemat waktu menurut Viva harus selalu mengerjakan yang mudah terlebih dahulu karena waktunya bisa untuk mengerjakan soal yang sulit.

"Sehingga peserta CPNS tadi mampu membuat manajemen waktu untuk mengerjakan soal-soal tersebut," papar dia.

5. Tetap tenang saat mengerjakan soal tes CPNS

Menurut Viva peserta harus tenang dalam mengerjakan soal, karena jika sudah panik biasanya akan terjadi kebuntuan dalam berpikir.

"Soal yang sebenarnya tidak sulit menjadi sulit lalu panik karena waktu sudah mau habis," kata dia.

6. Siapkan mental apapun hasil tes CPNS

Peserta CPNS juga harus menyiapkan mental untuk tidak lolos dalam artian bukan mengajarkan untuk pesimis namun lebih ke menyiapkan mental jika gagal.

"Sehingga tidak merasa terlalu terpuruk. Ada baiknya mempunyai rencana cadangan jika tidak lolos tes," sebut dia.


Sumber: tirto

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel