-->
Komisi I DPR Aceh Kunjungi Lapas dan Rutan, Protokol Kesehatan Tetap Dilakukan

Komisi I DPR Aceh Kunjungi Lapas dan Rutan, Protokol Kesehatan Tetap Dilakukan

NASIONALACEH.com | Banda Aceh – Komisi I DPR Aceh yang di Ketuai oleh Tgk. Muhammad Yunus Yusuf melakukan kunjungan ke sejumlah Lapas dan Rutan yang ada di Aceh, Sabtu (9/5/20).

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka peninjauan penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 di Lapas dan Rutan Aceh.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Aceh Meurah Budiman kepada media ini membenarkan adanya kunjungan kerja anggota Komisi I DPR Aceh ke sejumlah Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara yang ada dalam wilayah Aceh.

"Benar ada kunjungan kerja Komisi I DPR Aceh yang dimulai sejak hari Sabtu tanggal 9 sampai dengan 11 Mei 2020 dalam rangka meninjau langkah preventif pencegahan penyebaran Covid-19 di Lapas dan Rutan", ujar Meurah Budiman seperti diterima oleh NASIONALACEH.com, Sabtu (9/5/20).

Meurah Budiman juga menyampaikan bahwa setiap nggota Dewan yang datang ke Lapas tetap diberlakukan Protokol Kesehatan, seperti sebelum memasuki Lapas, anggota Komisi I DPRA Provinsi Aceh beserta jajaran wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan mengukur suhu tubuh dengan Thermohead yang disiapkan disetiap Lapas dan Rutan Aceh yang dikunjungi.

Saat ditanya terkait langkah-langkah preventif pengendalian dan penanganan penyebaran Covid-19 yang telah dilakukan di Lapas Aceh, Meurah yang baru saja dilantik sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan Jawa Tengah itu menjelaskan bahwa di Laspas dan Rutan Aceh telah disediakan Anjungan Sterilisasi Mandiri, Wastafel cuci tangan dan sabun.

Selain itu, mengikuti instruksi Menteri Hukum dan HAM dan perintah Direktur Jenderal Pemasyarakatan sejak wabah Covid-19, Box sterilisasi makanan serta pengukur suhu thermohead juga disediakan di Lapas dan Rutan.

Juga dilakukan penutupan layanan kunjungan dengan alternatif kunjungan Online dan pelaksanaan sidang secara online.

 Semua petugas Lapas juga diwajibkan menggunakan masker saat bertugas.

Seperti diterima media ini, anggota Komisi I DPR Aceh yang melakukan kunjungan ke Lapas dan Rutan Aceh pada hari berikutnya, Minggu (10/5/20) antara lain Ibu Darwati A. Gani yang akan mengunjungi Lapas Kelas III Lhoknga Aceh Besar dan Lapas Perempuan Sigli.

Sedangkan Azhar, Edy Kamal dan Fuadri akan mengunjungi Lapas Kelas II B Calang dan Lapas Kelas IIB Meulaboh. Sementara itu Saiful Bahri, Ridwan Yunus dan Ibu Nuraini Maida akan mengunjungi Lapas Kelas IIB Lhoksukon.

Kemudian Tgk. Muhammad Yunus Yusuf akan mengunjungi Lapas Kelas IIB Idi.

Hari ini, anggota Komisi I DPR Aceh yang telah melakukan kunjungan adalah Tgk. Attarmizi Hamid telah mengunjungi Lapas Kelas III Blang Pidie, sedangkan anggota lainnya Taufik, Bardan dan Tgk. Syarifuddin akan mengunjungi Rutan Kelas IIB Takengon pada hari Senin, 11 Mei mendatang.



Pewarta: Heri Safrijal
Editor: Rivan Dewana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel