-->
Muhammad Arianda: "Pemerintah Aceh Selatan Harus Turun Tangan Selesaikan Kasus Kericuhan Gampong Silolo"

Muhammad Arianda: "Pemerintah Aceh Selatan Harus Turun Tangan Selesaikan Kasus Kericuhan Gampong Silolo"

NASIONALACEH.com | TAPAKTUAN – Kajadian yang membuat keributan pasca pembangian bantuan sosial tunai (BST) di Gampong silolo, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan  itu terjadi karena data penerima (BST) Dinilai tidak tepat sasaran oleh masyarakat silolo, sehingga masyarakat setempat mendemo kantor kechik hingga berujung kerusakan dan menyegel kantor tersebut. Aksi demo itu kejadian nya, pada hari Jumat (15/5/2020) pukul 08.00 WIB.

“Saya rasa kericuhan tersebut bukanlah ketidaksukaan warga terhadap perangkat Gampong silolo dan juga tidak ada dalang atau provokator yang menginginkan kericuhan ini. Hanya saja adanya kesalah pahaman warga terhadap data (BST) yang dinilai kurang terbuka dan tidak tepat sasaran” kata dia.

“Karena tidak keseluruhan warga yang mendapatkan bantuan sosial tunai itu, timbullah kecurigaan warga terhadap perangkat Gampong. Kecurigaan itu bisa kita nilai karena kepanikan warga dalam menjalani kehidupan dengan melawan Covid-19 apalagi keadaan ekonomi sekarang sangat krisis.” tambahnya.

Muhammad Arianda juga mengatakan, padahal nama-nama penerima BST tersebut sudah didata oleh Kemensos yang tidak didapat kan oleh warga penerima bansos lainnya seperti PKH, BPNT ,KKS.

“Mungkin sebagian warga tidak mengetahui persyaratan penerimaan (BST) yang di salurkan Kemensos, karena tidak adanya musyawarah terlebih dahulu antara perangkat dan masyarakat disitulah timbulnya kecurigaan antar masyarakat karena ketidak jelasan penerima data tersebut” lanjut Muhammad Arianda.

Terkait hal itu, Muhammad Arianda juga meminta agar pihak perangkat desa harus memperlihatkan kembali data penerima bantuan sosial kepada masyarakat supaya ada keterbukaan antara perangkat dan masyarakat Gampong dalam memperjelaskan data tersebut harus melibatkan elemen-elemen kantor camat Pasie Raja.

Lantas bantuan Sosial Tunai ini di salurkan oleh Kemensos kepada pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, lebih tepat nya pemerintah Aceh Selatan yang berwewenang dan mengetahui tentang bantuan tersebut.

“Saya minta kepada pemerintah kabupaten Aceh Selatan agar turun tangan untuk membantu menyelesaikan permasalahan ini sampai tuntas secepatnya dan terimakasih kepada Camat, DPRK Pasie Raja dan seluruh MUSPIKA Kecamatan Pasie Raja yang telah bertindak cepat dalam menyelesaikan permasalahan yang di Gampong Silolo. Supaya tidak ada lagi Kericuhan seperti ini,  dan kasus ini menjadi pelajaran untuk kita semua agar tidak terulang lagi nantinya”. Tutupnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel