-->
Polres Abdya Sukses Bekuk Pengedar Sabu Asal Nagan Raya

Polres Abdya Sukses Bekuk Pengedar Sabu Asal Nagan Raya

NASIONALACEH.com | Blangpidie – Peredaran dan penyalahgunaan sabu-sabu  membuat masyarakat menjadi resah. Karenanya polisi Aceh Barat Daya benar-benar bersikap tegas untuk mengusut tuntas kasus ini.

Tim Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Abdya pun akhirnya berhasil menangkap pengedar sabu-sabu  di Kota Bumoe Breuh Sigupai. Pelakunya berinisial JA (34), warga Gampoeng Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya. Tim menangkap pria tersebut setelah beberapa jam melakukan pengintaian dan pengejaran," ujar Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution, SIK melalui siaran rilis yang diterima awak media, Selasa (16/6/2020).

Menurut Nasution, pelaku ditangkap setelah  terjadi kejar-kejaran seperti bak film india dengan pelaku dimana akhirnya pelaku berhasil ditangkap di daerah Gampong Gelanggang Gajah, Kecamatan Kuala Bate, Kabupaten Abdya, Senin kemarin (15/6).

Lebih lanjut, kata dia, pada hari tersebut, tim Satreskoba Abdya mendapatkan informasi dari masyarakat jika pelaku hendak melakukan transaksi sabu di wilayah hukumnya dengan menggunakan mobil Avanza berwarna putih.

"Usai mendapatkan informasi tersebut, anggota kita berhasil melihat keberadaan mobil itu di daerah Kecamatan Kuala Bate, sehingga langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku," ungkap Nasution.

Saat bersamaan, sambung Kapolres  pelaku juga berhasil mengetahui gerak-gerik tim Satreskoba Abdya, dan berusaha kabur dengan mempercepat laju mobil yang dikendarainya.

Kapolres menjelaskan, pada saat terjadi kejar-kejaran dengan pihak kepolisian, mobil yang ditunggangi oleh pelaku mengalami kecelakaan dengan kondisi terbalik.

"Setelah mengalami kecelakaan, tim kita langsung menghampiri pelaku dan melakukan penangkapan. Dari hasil penggeledahan, kita berhasil mengamankan 12 bungkus sabu seberat 31, 81, uang Rp 297 ribu dan satu unit Hp serta alat timbangan sabu yang disimpan di dalam tasnya," jelas Muhammad Nasution.

Atas perbuatannya itu, tambah Nasution, pelaku dijerat pasal 112 ayat (2) Sub Pasal 114 ayat (2) sub Pasal 115 ayat (2) UU RI NO. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun penjara.

"Karena mengalami luka akibat kecelakaan, pelaku kita bawa ke Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSUTP) Abdya untuk mendapatkan perawatan medis, sementara barang Bukti (BB) sabu sudah kita amankan ke Mapolres guna penyidikan lebih lanjut," tutupnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel